Main ke Singapura via Yogyakarta (Day 1)

8/30/2015 08:29:00 PM

Kali ini demi sebuah pengalaman lain saya mencoba penerbangan ke Singapura dari Jogja. Sebenarnya untuk tujuan Singapura, dari Jogja ada Silk Air. Tetapi selain jam penerbangan Silk Air yang terlalu siang, saya masih setia menggunakan Air Asia. Terlepas dari harganya yang kompetitif dan jadwal penerbangan pagi yang oke, Air Asia adalah cinta pertama saya karena dengannyalah dulu saya memulai perjalanan ke luar negeri untuk pertama kali. Air Asia Flight QZ 658 dengan jadwal penerbangan pukul 07:25 WIB yang dijadwalkan akan sampai pada pukul 10.45 SGT. Window seat dan sarapan di penerbangan Air Asia Indonesia; Vegetarian Fried Rice w/ Tofu Lampion ditambah dengan English Breakfast Tea. Yummy!

Air Asia Inflight Meal
Setelah melewati imigrasi, saya bergegas mengisi ulang kartu EZ Link saya. Oya, untuk memudahkan transportasi bagi wisatawan, bisa memilih membeli EZ Link atau menyewa Singapore Tourism Card. Nantinya kartu ini digunakan sebagai alat bayar transportasi utama di Singapura baik itu bus maupun MRT. Untuk yang mau sedikit repot bisa beli tiket eceran per destinasi. Dikarenakan saya sudah punya EZ Link, maka tinggal top-up saja disalah satu mesin-nya.

EZ Link
Kami langsung menuju ke Chinatown karena kami akan menginap di 5Footway Inn. Alasannya tak lain karena letaknya yang berada di tengah-tengah Chinatown dan dekat dengan stasiun MRT. Kemana-mana enak dan mudah. Kami hanya menitipkan tas karena check-in baru bisa dimulai pukul 15.00. Sambil menunggu waktu check in, kami berjalan-jalan di sekitar Chinatown. Mampir ke Buddha Tooth Relic Museum, Sri Mariamman Temple dan makan siang di McDon*ald Chinatown.

Pemandangan dari depan hotel
Buddha Tooth Relic dan Sri Mariamman Temple

Chinatown
Setelah mandi dan ganti baju kami berencana tidur siang ke kompleks Marina Bay Sands. Kami sengaja jalan kaki karena jaraknya cukup dekat, dengan langkah santai saja paling hanya 10 menit. Kami berjalan lewat Cross St melewati Telok Ayer Market dan lanjut lewat Raffles Quay. Dikarenakan ini bukanlah kunjungan pertama, maka kami langsung menuju Cavenagh Bridge untuk beli Uncle Ice Cream seharga $1 (Konon di yang di Orchard sudah $1.2). Biarpun ice cream Singapura ini sudah banyak franchise-nya di Indonesia, tetap saja, main ke Singapura harus beli ini. Hehehe. Kesukaan saya adalah choco-peppermint!

Uncle Ice Cream/$1 Ice Cream
Raffless Landing Site, River Cruise, Asian Civilisations Museum
Dari Cavenagh Bridge kami jalan-jalan disekitar River Quay. Melewati Raffles Landing Site, Asian Civilization Museum dan menikmati River Cruise dari kejauhan. Menjelang gelap kemudian kami ke Merlion. Sebenarnya, kalau boleh jujur, suasana disekitar Marina Bay Sands ketika menjelang malam ini sangat syahdu dengan suasana temaram. Sepanjang jalan menuju Merlion, kami malah berhenti beberapa kali hanya untuk menikmati suasana menjelang gelap ini.

Merlion at night

Begitu sampai di Merlion kami langsung koprol jeprat-jepret seperlunya sambil beranjak perlahan mengelilingi Marina Bays menuju Garden By The Bay. Kami mau nonton Spectacular Light Show gratisan disana yang biasanya dimulai pukul 19.30 SGT. Konon, cara paling enak menikmatinya adalah dengan rebahan di rumput sambil memandang ke atas.

Dari Garden By The Bay kami langsung naik MRT dari Bayfront ke Chinatown dan berniat makan malam di Chinatown Food Street. Pilihan kami jelas Roasted Chicken Rice. Setelah makan pulang ke hotel, mandi, dan istirahat.

Chinatown Food Street

NOTE: Untuk panduan yang lebih komprehensif, lengkap dan ter-update silakan kunjungi postingan saya "Singapura dari Ujung ke Ujung: Sebuah Panduan" atau klik disini. Terimakasih!

You Might Also Like

8 komentar

1. Menurut kk penginapan di bugis dan chinatown recommended yg mana?

Balasan
    1. Aku sih belum pernah nginep di daerah Bugis, masih pricey disana. Kalau nyari murah bisa ke daerah Lavender, disitu deket MRT dan halte bus. Kalo lokasi, Chinatown menurutku masih yang paling oke, kemana-mana enak. Jalan kaki pun nggakmasalah.

2. yg daerah lavender tu ada gusti bed & breakfast

3. Atau bisa ke Lofi Inn di Hamilton St bro. MRT lavender kesonoan dikit. Selain deket halte bus buat pulang pergi, ada sleeping pod juga jadi lebih private ketimbang dorm biasa

2. Bro, gw udah booking di Farrer Park (broadway hotel), katanya sih Little India gt deh 😁, tp kynya kl mo ke merlion kudu via MRT yak?

Balasan
    1. Jalan sedikit ke timur ke arah Jalan Besar. Di halte manapun di Jalan Besar, naik bus 130 bisa berhenti di OUE Bayfront (paling deket ke Merlion) atau Opp S'pore Cricket Club (nyebrang jalan dikit). Opsi lain naik MRT jalur biru di Little India turun di Downtown jalan dikit deh..

3. Hotel nya namanya apa ya yang deket marlion

Balasan
    1. Ada banyak pilihan, silakan bisa cari di daerah sekitar Clarke Quay di Hongkong St.