My Sleep My Adventure: Kapsul/Pod Room Singapura

3/29/2016 08:51:00 PM

Jadi pada postingan sebelumnya disini, saya telah membahas mengenai preferensi dalam memilih akomodasi penginapan ala backpacker. Tentu saja preferensi saya dalam tulisan saya tersebut, kapsul/pod room pada sebuah hostel adalah akomodasi yang nyaman dan terjangkau. Tentu saja tanpa mengesampingkan preferensi teman-teman traveler yang lebih menyukai akomodasi model basic-dorm berupa ranjang susun komunal. Tulisan ini hanya karena saya beberapa kali main ke Singapura dan sedikit pengetahuan soal kapsul/pod room, saya akan memberikan beberapa rekomendasi mengenai akomodasi penginapan yang ada di Singapura dengan (nanti) akan ditambahkan sedikit tambahan akomodasi penginapan dari Kuala Lumpur dan Bangkok. Berikut saya urutkan berdasarkan jarak jangkau ke pusat kota di Singapura.

Lofi Inn at Hamilton

Hostel ini adalah cinta pertama saya karena disanalah saya menginap untuk pertama kalinya di Singapura. Hotel ini selain menawarkan capsule/pod room juga menawarkan bunk bed seperti pada umumnya dorm hostel selain itu juga tersedia twin room dan juga family room. Lofi Inn mudah dijangkau dari stasiun MRT Lavender hanya 5 menit berjalan kaki. Lofi Inn juga dekat dengan halte bus dengan jalur bus tujuan wisata popular seperti seperti Bugis Street, Orchard Road, Marina Bay Sands, dan Merlion. 

Kapsul saya suatu ketika di Lofi Inn

Kapsul siap pakai

Disediakan complimentary breakfast gratis berupa roti serta teh/kopi. Meskipun bersebelahan langsung dengan café/bar, salah satu yang menyenangkan adalah akses dapur 24 jam, di mana tamu diperbolehkan untuk memasak makanan mereka sendiri. Buat kamu yang bawa indomie goreng segambreng demi penghematan, fasilitas ini sangat berharga. Oya, hanya perlu $S25 permalam.

Lofi Inn at Hamilton
27 Hamilton Road, Singapura 209196
http://www.lofiinn.net/
**photo courtesy of Lofi Inn and TripAdvisor


Pillow Talk

Pillow Talk berada di ujung Hamilton Street, berdekatan dengan Lofi Inn. Menawarkan akomodasi yang serupa dengan Lofi Inn, jadi hotel ini bisa menjadi pilihan ketika memutuskan akan menggunakan akomodasi penginapan di sekitar Lavender. Tiap orang mendapatkan satu ranjang kapsul dan loker pribadi. Di masing-masing kapsul ada lampu, tirai, dan stop kontak. Dalam tiap kapsul tersedia gantungan baju dan handuk. 

Tiap kapsul mempunyai ambient-light berbeda

Akomodasi bertingkat


Complimentary breakfast disediakan, mesin cuci juga tersedia tapi penggunaannya ada biaya tambahan. Hanya perlu $22 permalam.

Pillow Talk
5 Hamilton Road, Singapura 209177
http://www.pillowtalkhostel.com/
**photo courtesy of Pillow Talk


Vintage Inn

Hostel ini terletak di daerah Little India. Cukup turun di stasiun MRT Little India keluar di Exit E lalu berjalan kaki ke kanan sekitar 4 menit. Vintage Inn terletak di sebuah bangunan lantai 2 dimana lantai dasarnya adalah sebuah restoran. Tersedia kapsul/pod room dalam dua versi yaitu single dan double. Lampu pribadi, tirai, dan stop kontak ada di setiap pod. 

Kapsul siap "huni"

Take a look closer


Complimentary breakfast disediakan bahkan kadang-kadang tersedia scrambled egg juga. Harga mulai $S26 per-malam.

Vintage Inn
60 Race Course Road, Little India, Singapura 218567
http://www.vintageinn.sg/
**photo courtesy of Vintage Inn



Wink Hostel

Wink terletak di Mosque Street di jantung Chinatown. Bagi saya, Wink termasuk dalam hostel “kelas atas.” Aksesnya cukup mudah melalui stasiun MRT Chinatown. Terdapat hanya enam kapsul dalam tiap dorm-nya sehingga ruangan terasa sangat lega. Setiap kapsul dilengkapi dengan lampu, stop kontak dan tirai. Tiap kapsul penyimpanan bagasi yang aman di bawah tempat tidur. Tiap tamu diharuskan menyerahkan deposit sebesar $S10 ketika check-in dan akan mendapatkan security-card untuk akses ke ruangan dan loker pribadi. Berhati-hatilah dengan security card karena sangat tipis sehingga mudah hilang atau bahkan rusak. Jika demikian maka deposit $S10 anda akan lenyap. 


Dorm yang super lega!

Take a look closer

Tersedia complimentary breakfast, akses dapur  dengan kompor, microwave, grill, lemari es, dll. Terdapat fasilitas laundry dan setrika. Harga permalamnya $S50

Wink Hostel
8A Mosque Street, Singapura 059488
http://winkhostel.com/ 
**photo courtesy of Wink Hotel



The POD

Hostel "kelas atas" lain yang masuk dalam daftar saya adalah The Pod. The Pod mem-branding penginapannya sebagai boutique capsule hotel. Berada di lantai atas sebuah bangunan modern di Beach Road yang bersebelahan langsung dengan Arab Street di Kampong Glam, Bugis. Letaknya tidak jauh dari Sultan Mosque yang terkenal. Bisa diakses dengan mudah melalui stasiun MRT Bugis. The Pod menawarkan 83 kapsul nyaman yang terinspirasi oleh kehidupan modern dan minimalis. Tersedia dua macam kapsul yaitu front-entry, di mana kaki kita menghadap langsung ke arah koridor dan side-entry di mana kita akan tidur sejajar dengan lorong. 

Front entry pod

Side-entry pod

Tiap kapsul menyediakan kelengkapan seperti lampu pribadi, stop kontak, gantungan baju dan handuk. Terdapat tirai yang dapat ditarik ke bawah untuk memberikan privasi lebih. Meja kecil flip-down juga bisa digunakan untuk laptop atau kegiatan menulis. Setiap lantai memiliki kamar mandi sendiri tidak seperti kebanyakan hostel. Harga permalamnya $S50.

The Pod
289 Beach Road Level 3, Singapura 199552

http://thepod.sg/
**photo courtesy of The Pod



Nah, bagi kalian yang memerlukan akomodasi penginapan non-komunal, kiranya rekomendasi saya mengenai kapsul/pod room cukup memberikan gambaran. Sekali lagi preferensi atas akomodasi jenis ini adalah kenyamanan dan privasi saat beristirahat dan tentu saja harga yang cukup terjangkau. So, tunggu apa lagi, selamat menginap dan selamat jalan-jalan!


PS: Untuk bonus akomodasi tambahan di Kuala Lumpur dan Bangkok akan saya tambahkan bertahap di update berikutnya.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram