Flight Report: Air France AF254 (Singapore-Jakarta)

9/07/2015 06:54:00 PM

Air France adalah salah satu maskapai yang mempunyai 5th Freedom Flight. Perlu diketahui  bahwa 5th Freedom Flight ini memungkinkan maskapai untuk melakukan penerbangan menuju negara dua atau lebih, sebagai bagian dari layanan yang menghubungkan negara maskapai sendiri. Seperti untuk penerbangan saya kali ini AF254 mempunyai rute Paris-Singapore-Jakarta. Menggunakan pesawat Boeing 777-300ER yang terbagi dalam empat kelas penerbangan yaitu First Class, Business, Premium Economy dan Economy. Pesawat yang saya tumpangi dengan register F-GSQG ini, adalah pesawat berumur 10 tahun dengan kabin baru. Air France menempati row pertama di Terminal 1 Changi. Konter Check In baru dibuka mulai pukul 14.30 SGT. Setelah melakukan check in saya langsung menuju gate D34. Sempat memotret beberapa kali tapi karena capek akhirnya hanya duduk sambil menunggu boarding.


Check in counter Air France

Boarding Pass
Air France Boeing 777-300ER, F-GSGQ
Seperti biasa saya duduk di window seat, kali ini di nomor 44L. Tiap tempat duduk dilengkapi dengan bantal kecil serta Inflight Entertainment (IFE) berupa monitor touchscreen 9 inch yang disitu terdapat juga port headset dan port USB untuk charging. Konten IFE sendiri cukup lengkap, berbagai pilihan jenis musik, film sampai game. Oya, waktu penerbangan kali ini adalah 16:55 SGT-17:45 WIB, sekitar 1.5jam.

New Economy Seat
9 Inch HD Touchscreen Monitor
Audio Port & USB Port
Pesawat push back tepat waktu, sehingga dalam waktu singkat kami segera take off. Selama take off kita bisa menikmati pemandangan laut dan kepulauan Batam. Oiya, sebelum take off flight attendant membagikan headseat dan refreshment tissue. Setelah pesawat mencapai ketinggian jelajah, cruising altitude, dimulailah layanan makanan. Berdasarkan menu, makanan “segar” akan disajikan di sektor penerbangan ini. Makanan yang kami dapat semacam salad dengan tiga udang diatasnya, keju camembert, brownies dan fresh bun. Saya sendiri meminta apple juice untuk minumannya.

Headseat & Refreshment Tissue
Inflight Meal
Sepanjang perjalanan saya mendengarkan musik dari Inflight Entertaiment, yang betapa menggembirakannya banyak sekali list musik metal, sesuai dengan kuping dan selera saya. Sesekali saya menengok peta, semacam perlu tahu kira-kira saya sudah sampai mana. Pemandangan di sekitar teluk Jakarta sore ini juga mengagumkan.

Musik Metal Sepanjang Perjalanan
Positioning Map
Windows view: cruishing altitude (kiri), jelang landing (kanan)
Pesawat landing tepat waktu 17.45WIB dan merapat di terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Karena kami hanya bawa ransel, maka kami langsung ke imigrasi kemudian meluncur ke halte bis damri yang akan membawa kami ke stasiun gambir. Sampai jumpa di Flight Report selanjutnya!

You Might Also Like

2 komentar

  1. knp ngga dposting ke indoflyer gan flight reportnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rute ini udah banyak yang bikin flight report-nya hehehe..

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram