Singapura Hari Ketiga, Sayonara! (Day 3)

9/04/2015 02:00:00 AM

Sholat subuh di Singapura ini baru sekitar jam 06.00 pagi. Maka begitu mendengar adzan dari Masjid Jamae Chulia yang kebetulan dekat dengan hotel kami, kami segera sholat dan buru-buru memulai langkah menuju Marina Bay. Masih berjalan kaki melewati Cross St dan Raffless Quay. Kami berjalan agak tergesa-gesa takut sunrise-nya udah nongol duluan. Padahal palingan juga baru nongol sekitar jam 07.15 SGT. Sampai disana ada beberapa fotografer yang sudah nongkrong di spot-nya masing-masing lengkap dengan tripod dan lensa wide-nya. Kami kemudian cari spot juga.

Sunrise at Marina Bay
Ketika suasana sudah mulai terang, banyak orang mulai memadati Merlion Park. Dan kebanyakan yang datang pagi itu adalah rombongan tur. Dari beberapa banner yang digunakan mereka untuk berfoto bersama, nampaknya mereka datang dari daerah China. Uniknya, ketika fotografer sunrise mulai pergi, berdatanganlah para pelukis sketsa.

Kami pulang melalui Telok Ayer St. Mampir ke Kuil Thian Hock Keng. Kuil ini adalah salah satu yang tertua dan kuil yang cukup di Singapura. Dibangun pada tahun 1842 dan merupakan kuil persembahan yang dipersembahkan untuk Ma Zu (Dewi Laut). Kuil ini banyak dikunjungi oleh imigran Cina sebagai wujud terimakasih kepada Ma Zu atas perjalanan aman mereka. Kami pulang ke hotel dengan berjalan memutar melewati Ann Siang Hill yang langsung tembus ke Chinatown.

Thian Hock Keng Temple
Sampai hotel kami langsung sarapan, kemudian mandi dan packing.
Semalam kami sempat membandingkan harga oleh-oleh terutama patung kristal yang mau saya beli. Dan benar saja harganya memang lebih murah di Chinatown. Di Bugis dibandrol $25, disini setelah iseng nawar dapat $15. Hehehe. Dari Chinatown kami ke Kampong Glam. Demi sholat Dzuhur di Sultan Mosque dan berfoto ala model di Haji Lane. Selepas sholat dzuhur kami kembali ke Bugis untuk makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke Changi. Masih di Albert Place, saya mencoba Sup Kaki Kambing di stall Wan’s Adam Power. Maknyoss!

Kompleks Kampong Glam & Sultan Mosque
Kambing Soup, rawr!

Sesampainya di Changi setelah check in dan melewati imigrasi, kami menyempatkan diri untuk muter-muter di deretan kios Duty Free. Sembari menunggu penerbangan Air France AF254 yang baru boarding 16.10 SGT nanti, saya singgah cukup lama di kios TWG Tea Boutique yang menjual berbagai macam teh dengan kemasan yang menarik juga. Sebagai penggemar teh saya berusaha menahan godaan untuk tidak membeli teh yang sekotak dibandrol mulai $35 itu. Buru-buru saya melangkahkan kaki ke Gate D34 tempat Air France akan diberangkatkan.

TWG Tea, mupeeeng

Sekian jelajah singapura kali ini. Terimakasih sudah membaca!